Lapisan Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan udara yang mengelilingi bumi karena adanya gaya tarik bumi. Atmosfer berada pada ketinggian 0 km di atas permukaan, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Udara yang terkandung dalam atmosfer merupakan campuran dan kombinasi dari gas, debu dan uap air yang bertindak sebagai pelindung kehidupan di muka bumi karena membantu menjaga stabilitas suhu udara siang dan malam. Atmosfer juga merupakan penghambat bagi benda-benda angkasa yang bergerak melaluinya sehingga sebagian meteor yang melalui atmosfer akan menjadi panas dan hancur sebelum mencapai permukaan bumi. Atmosfer tidak mempunyai batas mendadak, tetapi agak menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar. Atmosfer ini memiliki lapisan-lapisan yang memiliki struktur dan kerapatan udara yang berbeda-beda. Lapisan-lapisan itu antara lain :

Troposfer

Lapisan ini berada paling dekat dengan permukaan bumi. Dalam lapisan ini kehidupan manusia terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain. Lapisan ini berada pada ketinggian 0 – 15 km dari permukaan tanah, mempunyai suhu sekitar 17°C sampai -52°C dan pada bagian ini terdapat kurang lebih 80% gas atmosfer. Di lapisan inilah kita melihat berbagai fenomena alam yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Diantara lapisan-lapisan lainnya, troposfer merupakan lapisan yang mengandung uap air dan karbondioksida paling banyak. Diantara stratosfer dan troposfer tedapat lapisan yang disebut lapisan tropopause, yang membatasi kedua lapisan tersebut.

Stratosfer

Lapisan ini berada diatas troposfer dimulai dari ketinggian 11 km sampai ketinggian 50 km. Terdiri atas gas-gas yang terdapat dalam troposfer, namun pada lapisan ini mengandung uap air dalam jumlah sedikit. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari pancaran sinar ultra violet berlebih dari matahari. Lapisan ini dapat rusak akibat pemanasan global dan jika manusia melakukan aktivitas dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Mesosfer

Lapisan mesosfer mempunyai ketebalan 45-75 km. Pada lapisan ini, suhu kembali turun ketika ketinggian bertambah, sampai menjadi sekitar -143oC, sehingga dapat menyebabkan awan noctilucent yang terdiri atas kristal-kristal es di dekat bagian atas dari lapisan ini, yaitu kurang lebih 81 km diatas permukaan bumi. Mesosfer memiliki lapisan ion atau udara yang bermuatan listrik yang disebut sebagai lapisan D yang letaknya di ketinggian 50-70 km di atas permukaan bumi. Di lapisan ini sebagian meteoroid terbakar, di lapisan ini juga terdapat Radiosonde.

Termosfer

Lapisan Termosfer berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Dinamai termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini yaitu sekitar 1982oC. Perubahan ini terjadi karena serapan radiasi sinar ultra violet. Lapisan termosfer ini sangat berguna dalam bidang komunikasi. Lapisan inilah yang memantulkan gelombang-gelombang radio ke bumi yang dapat diterima di seluruh dunia. Selain itu fenomena aurora yang dikenal juga dengan cahaya utara atau cahaya selatan terjadi di lapisan ini.

Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan bumi yang terletak paling luar. Mempunyai ketebalan sekitar 500-700 km dengan suhu -57°C dan tidak memiliki tekanan udara yaitu sebesar 0 cmHg.. Lapisan ini disusun oleh gas hidrogen sebagai gas penyusun utamanya. Di lapisan ini diisi oleh lapisan ultraviolet.

 

Sumber :

http:// id.wikipedia.org/wiki/Atmosfer

http://organisasi.org/lapisan_atmosfir_atmosfer_bumi_pengertian_dan_penjelasan_fisika

http://www.anneahira.com/lapisan-lapisan-atmosfer.htm

http://www.anakunhas.com/2011/04/ciri-ciri-lapisan-atmosfer-dan-manfaatnya.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s